.

Kelestarian lingkungan di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak adalah tanggung jawab kita semua. Mengelola limbah B3 yang ada merupakan salah satu dari upaya melestarikan lingkungan menuju Green Port Certification.

PT PEL sebagai perusahaan yang diberi mandat untuk melaksanakan pengelolahan limbah B3 di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak berdasarkan Surat CEO PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Nomer TR.0101/891/P.III-2017 tanggal 27 Oktober 2017 perihal sentralisasi pengelolahan oli bekas di Terminal Teluk Lamong dan Terminal Nilam Multi Purpose pada hari Jumat tanggal 9 Februari 2018.

Limbah B3 Cair

  • Oli Bekas, Minyak Kotor, Minyak Residu dasar Tangki. Sludge Oil, Gemuk bekas, Sulvent bekas, Tiner bekas, Coolant bekas


Limbah B3 Cair
  • Electronic Wish, Aki bekas, Toner Bekas,Scrab terkontaminasi,Katalis bekas, Fly ash, Bottom Ash, Sandblast


Silahkan kunjungi web penglahan limbah kami di : pelwaste.pel.co.id

Pelayanan Limbah dapat langsung mengirim email ke: pelwaste@pel.co.id

ONE STOP SERVICE TERMINAL

Marine Power Supply (MPS) lebih efisien, murah, dan ramah lingkungan dibandingkan genset yang menggunakan bahan bakar solar, hal ini dibuktikan dari perhitungan sebagaimana terlampir adapun selisih antara penggunaan bahan bakar solar sebagai penghasil daya dibandingkan dengan menggunakan plug-in listrik sebesar Rp 2.005.038,- atau efisiensi sebesar 15.54%. Konsep pelayanan suplai listrik ini dapat juga diintegrasikan dengan suplai BBM untuk bahan bakar kapal saat berlayar dan air. Oleh karena itu konsep ini dapat juga disebut One Stop Service Terminal.

Pola Operasi

Bekerja sama dengan PT PLN (Persero) sebagai penyedia listrik, PT Pertamina (Persero) sebagai penyedia BBM, dan PT Pelindo 3 (Persero) sebagai pemilik pelabuhan, PT Pelindo Energi Logistik melayani kapal-kapal yang sandar di pelabuhan milik PT Pelindo 3 (Persero) terkait kebutuhan listrik, bahan bakar, dan air dengan menyediakan fasilitas One Stop Service Terminal yang berupa:

  1. Shore Connection Power Supply di d ermaga untuk mensuplai listrik dari PT PLN (Persero) ke kapal yang sandar.

  2. Fuel Tank dan Fuel Pipe untuk menyimpan dan menyalurkan BBM sebagai bahan bakar kapal.

  3. Water Pipe dan Truck untuk mendistribusikan air bersih ke kapal.

Unit Bisnis Terminal LNG

Unit Bisnis Terminal LNG

Unit Bisnis Distribusi BBM

Unit Bisnis Distribusi BBM